Monday, June 29, 2015

Siapa Itu Fans?

"Apa itu NINJA? 
Itu adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan orang" Naruto9: Road to Ninja

Menurut Naruto seorang Ninja adalah Shinobi yang rela mengorbankan dirinya untuk membela Kepentingan Kampung. Begitulah seorang Ninja, kemudian apabila itu seorang Fans. Siapa FANS itu? Apa yang dilakukannya?
Kemarin malam, setelah sekian lama aku berkutat dengan ShinHwa, aku membuka kembali sosial mediaku dimana aku berkumpul dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan JUMP! Marah, sedih itulah yang aku rasakan, hal pertama yang aku temukan ketika aku masuk kesana adalah ucapan kasar seseorang yang menybut dirinya FANS JUMP! terhadap Ryosuke Yamada. Begitukan kelakuan seorang fans? 
Lebih dari 7 tahun di Fandom JUMP! begitu sering aku melihat, membaca, mendengar mereka yang menyebut dirinya sebagai FANS JUMP! however they love to badmouth other fans, even some of them badmouth the Idol itself. Begitukah seorang fans? 
Aku ingat sekitar tahun 2011 lalu, ketika Jepang di hantam oleh Tsunami beberapa fans berkumpul (didunia maya) untuk membuat project mendukung Japang. Ketika para Fans berkumpul mereka bisa melakukan banyak hal yang tak pernah terbayangkan. Kekuatan para fans ketika mereka bersatu tidak akan bisa terukur. Aku ingat beberapa tahun lalu, ketika NEWS diterjang badai diantara membernya, ketika NEWS fakum selama hampir dua tahun; para fans nya berkumpul bersatu mengirim petisi kepada Jimushou dan mengembalikan Album Pasific kedalam tangga lagu Oricon. Betapa luar biasa ketika fans bersatu. Buatku, yang naif ini itulah seharusnya yang dilakukan oleh seorang yang menyebut dirinya sebagai seorang fans. Mendukung. 
Fandom layaknya pasar persaingan sempurna, semua orang bebas masuk dan keluar tidak ada paksaan. Ketika kau merasa nyaman maka tinggallah, bergabunglah dengan mereka yang sepemikiran dengan mu namun ketika kau sudah merasa jengah dan tidak nyaman atau apapun maka tidak ada yang menghalangi mu untuk keluar dari fandom karena mungkin itu memang lebih baik untukmu dan juga fandom yang kau tinggalkan. Karena jika pertanyaan "siapa itu fans?" ditujukan kepadaku maka jawabnya adalah mereka yang mendukung Idol mereka ^^

No comments:

Post a Comment

most visited

I am a reader

Greenpeace news

me and my beloved friends

me and my beloved friends
trip to siantar